Ayo Berlatih Bab 2 kelas 7

Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2

Blog : PKN789
Materi : Pkn kelas 7
Isi : Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila
Halaman : 2
Bab : 1
Semester : 1
Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2

Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2 Pencarian jawaban dapat dicari di :  Brainly : Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8  google : Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2 bing : Kunci Jawaban Soal Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2 materi soal berada dalam buku paket kelas 8 bab 1 semester 1, buku berada di halaman 2 yang berisikan soal dengan uji kopetensi yang berjudul Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2 Kunci Jawaban berasal dari blog pkn789.blogspot.com yang dijawab oleh admin yaitu kkaktri sebagai bahan evaluasi adik-adik dalam menjawab soal Tabel 1.1.
Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8

Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila
Jakarta, Kemdikbud  ---Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober merupakan pengingat perjalanan sejarah bagaimana bangsa Indonesia mempertahankan ideologi negara. Ada perjuangan panjang yang harus terus diingat oleh setiap generasi dan menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara. Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Tradisi, Sri Hartini, mengatakan, generasi muda harus terus diingatkan akan perjuangan tersebut. Tidak sekadar diingat, Pancasila sebagai ideologi bangsa harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. ”Pancasila itu sudah harga mati. Harus dijaga betul. Eksekusi pengamalannya. Mari kita betul-betul mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dari sila pertama sampai sila kelima.”
Sri Hartini menjelaskan, untuk mengimplementasikan Pancasila, perlu kesadaran dari setiap individu. Dalam tema yang dipilih untuk peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tahun ini, ”Kerja Keras dan Gotong Royong Melaksanakan Pancasila” kata dia, semangat yang ingin diperoleh adalah  memaksimalkan dan mengoptimalkan segala kemampuan diri untuk membangun negeri.
Penggiat Pancasila Rima Agristina dalam dialog Hari Kesaktian Pancasila itu pun mengatakan, Pancasila adalah sebuah konsensus bersama dari bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari dulu sampai sekarang masih sangat relevan. Hal itu tidak lain karena para  pendiri bangsa telah menanamkan nilai-nilai universal di dalam Pancasila. ”Founding fathers kita sudah merumuskan nilai-nilai universal, nilai-nilai kebaikan dalam berbagai dimensi. Jadi, relevan dalam kehidupan sekarang, maupun yang akan datang.” 
(Aline Rogeleonick/Web Kemdikbud)

Apa informasi yang kalian peroleh saat membaca wacana tersebut? Sampaikan pendapat kalian tentang infomasi tersebut. Kalian pasti ingin tahu lebih banyak informasi tentang Pancasila. Kembangkan terus keingintahuan kalian. Coba kalian rumuskan pertanyaan yang ingin kalian ketahui dari Gambar 1.1 dan wacana tersebut. Seperti apa fungsi dan peran Pancasila? Diskusikan dengan kelompok kalian untuk mengembangkan sebanyak mungkin informasi yang kalian ingin ketahui tentang Pancasila.
Baiklah sekarang, tulislah pertanyaan kalian dalam tabel di bawah ini.

No Pertanyaan
1 Siapakah pencetus ideologi Pancasila ?
2 Kapan Pancasila dilahirkan ?
3 Kapan Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara?
4 Mengapa Pancasila ditetapakan sebagai dasar negara ?
5 Apakah Pancasila bisa menjadi landasan kemajuan bangsa Indonesia ?

Hasil diskusi dari lima pertanyaan yang telah dibuat:
1. Pencetus Ideologi Pancasila adalah Ir. Sukarno
2. Pancasila pertama kali disampaikan oleh Ir. Sukarno pada tanggal 1 Juni 1945
3. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945
4. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara karena kelima sila dalam Pancasila diambil oleh Bung Karno setelah menggali berbagai macam nilai dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Kelima sila tersebut terbukti bisa menyatukan berbagai macam nilai dan kebudayaan di Republik Indonesia.
5. Pancasila bisa menjadi landasan bagi kemajuan bangsa Indonesia apabila seluruh komponen bangsa benar-benar meyakini dan menjalankan segala perilaku berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila.

demikianlah Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2. Semoga Bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Soal dan Jawaban Tabel 1.1 Arti Kedudukan dan Fungsi Pancasila PKN kelas 8 halaman 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel